Wanita

Publish date : 12/27/2019

Mengapa Menjaga Sistem Pencernaan Si Kecil Begitu Penting?


Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga perlu dibiasakan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan memelihara organ pencernaannya setiap hari. Apalagi anak-anak cenderung lebih rentan terhadap serangan virus atau bakteri yang dapat mengganggu kesehatan sistem pencernaannya. Hal ini perlu diantisipasi segera mengingat sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kerja tubuh yang sangat penting, khususnya bagi Si Kecil. Berikut adalah peran penting sistem pencernaan bagi Si Kecil dan tips pemeliharaannya.



Membantu penyerapan gizi

Menjaga sistem pencernaan sangat berperan dalam membantu penyerapan gizi ke dalam tubuh Si Kecil. Saat sistem pencernaan terganggu, maka proses penyerapan nutrisi tidak akan berjalan secara optimal karena makanan tidak diproses sempurna, bahkan keluar melalui muntah atau diare. Untuk itu, Mums perlu menjaga sistem pencernaan Si Kecil agar makanan yang dikonsumsi bisa terserap dengan baik ke dalam tubuhnya.


Melindungi proses tumbuh kembangnya

Penyerapan gizi yang optimal dalam tubuh Si Kecil akan sangat berdampak pada proses tumbuh kembangnya. Anak-anak perlu menjalani proses tumbuh kembang agar bisa menjadi anak yang sehat dan cerdas di kemudian hari. Nutrisi yang diperoleh dari makanan atau ASI sangat menentukan seberapa cepat proses tumbuh kembangnya berjalan. Untuk itu, Mums perlu memastikan sistem pencernaan Si Kecil terjaga agar proses penyerapan berjalan optimal.


Baca juga:

Si Kecil Mual dan Muntah Terus? Kenapa Ya, Mums?

Hati-Hati, Mums! Salah Berikan Anak Susu Bisa Sebabkan Diare Akut

Redakan Diare Anak Pakai Racikan Alami Di Rumah


Tips memilih nutrisi yang tepat

Disamping menjaga sistem pencernaan Si Kecil, Mums juga perlu mengetahui nutrisi apa sajakah yang perlu diberikan untuk menjaga tumbuh kembang Si Kecil. Berikut tips memilih nutrisi untuk Si Kecil yang bisa Mums lakukan.

1. Berikan nutrisi sesuai usia Si Kecil

Si Kecil perlu diberikan nutrisi yang sesuai dengan usianya. Saat Si Kecil masih berusia dibawah 6 bulan, Mums bisa memberikan ASI sebagai nutrisi utamanya sehari-hari. Setelah berusia 6 bulan Mums perlu menambah nutrisi Si Kecil dengan memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang kaya akan nutrisi. Sajikan MPASI dengan baik agar Si Kecil lahap makan dan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

2. Lengkapi dengan susu formula

ASI tidak bisa selamanya Mums berikan kepada Si Kecil. Saat ia mulai beranjak besar dan bisa mengonsumsi makanan sendiri, Mums perlu melengkapi nutrisinya dengan menggunakan susu formula. Pilihlah susu formula yang cocok untuknya dan periksa nutrisi yang terkandung di dalamnya, mulai dari nutrisi untuk otak hingga organ pencernaan Si Kecil. Susu formula dengan kandungan probiotik dan tinggi serat dapat menjadi pertimbangan Mums, supaya kesehatan sistem pencernaannya senantiasa sehat terjaga. 


3. Olah makanan dengan tepat

Agar sistem pencernaan Si Kecil tetap terlindungi, Mums perlu mengolah makanan Si Kecil dengan bersih dan tepat. Pastikan tidak ada bakteri atau parasit yang ikut terbawa pada makanan Si Kecil. Mulai dengan memerhatikan sanitasi dan kebersihan alat-alat memasak dan makan, mencuci bersih setiap bahan makanan yang akan diolah, dan memasak makanan hingga matang. Perhatikan juga bentuk makanan yang diberikan serta nilai nutrisinya ya, Mums!


Menjaga sistem pencernaan Si Kecil sangat penting agar ia bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat. Selain melindungi sistem pencernaannya, Mums juga perlu waspada jika Si Kecil menunjukkan masalah pencernaan seperti diare, mual, muntah, intoleransi laktosa, kembung, dan sembelit. Segeralah berikan obat pencernaan yang tepat, dan probiotik penunjang seperti Lacidofil untuk memelihara keseimbangan dalam organ pencernaannya.




Referensi: HelloSehat




Tags: Pencernaan anak,sistem pencernaan,pemeliharaan pencernaan anak,nutrisi pencernaan anak,pentingnya merawat sistem pencernaan anak,Laacidofil,probiotik pencernaan,probiotik untuk anak,keseimbangan pencernaan