Kesehatan

Publish date : 09/20/2019

Luka pada bagian tubuh memang sering menghambat aktivitas dan membuat kita tidak nyaman sepanjang hari. Tak ayal, ketika sedang mengalami luka kamu tentu ingin luka tersebut cepat sembuh. Namun, tak jarang luka yang kita alami sembuh lebih lama dari biasanya. Mengapa demikian? Ini dia beberapa alasan mengapa luka bisa lebih lama sembuh.


Gangguan pada darah

Penyebab pertama lebih lamanya luka yang kamu alami untuk sembuh yakni, karena adanya gangguan suplai darah. Tubuh kita membutuhkan suplai darah yang lancar agar proses penyembuhan luka berlangsung lebih optimal. Karena, darah akan membawa oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam proses regenerasi atau penyembuhan luka. Biasanya, gangguan pada sirkulasi darah dialami oleh para penderita penyakit diabetes dan arteri perifer. Oleh karena itu, penderita penyakit tersebut perlu lebih waspada dan perhatian dalam merawat luka.


Infeksi

Apabila luka yang kamu miliki sembuh lebih lama, maka bisa jadi luka tersebut mengalami infeksi. Infeksi terjadi karena adanya mikroorganisme yang terpapar pada luka tersebut. Saat luka mengalami infeksi, maka proses penyembuhan luka akan lebih lama karena tubuh berupaya untuk melawan serangan infeksi terlebih dahulu sebelum meregenerasi sel dan jaringan. Infeksi yang terjadi pada umumnya ditandai dengan bengkak dan rasa panas di area sekitar luka, atau yang biasa kita sebut sebagai radang, hingga demam. Ketika luka telah mengalami infeksi, akan diperlukan upaya yang lebih besar dalam penanganannya. Karena itu, perawatan luka yang tepat perlu dilakukan untuk mencegah hal ini. Cegah infeksi dengan menjaga kebersihan area luka dan memberikan gel antiseptik untuk luka seperti Hemolok.


Gizi kurang terpenuhi

Tubuh manusia pada dasarnya dapat menyembuhkan luka dengan sendirinya. Sel pembentuk jaringan ikat (sel fibroblas), trombosit, sel darah putih, dan sel-sel penunjang lain yang dimiliki tubuh kita berperan besar dalam mempercepat penyembuhan luka. Namun, agar sel-sel ini bisa bekerja secara maksimal, dibutuhkan nutrisi yang bisa memacu produksi sel-sel penunjang ini dalam tubuh, di antaranya seperti, protein, vitamin lengkap, kalsium dan zat besi. Dengan nutrisi yang tercukupi, sel-sel dalam tubuh akan bekerja lebih optimal dalam menyembuhkan luka.


Kurang istirahat

Pola istirahatmu sehari-hari juga sangat menentukan seberapa cepat proses pemulihan luka. Sebab, saat tidur tubuh akan melakukan regenerasi, detoksifikasi, dan produksi hormon yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang serta meningkatkan massa otot. Oleh karena itu, jika kamu ingin luka lebih cepat sembuh, maka sebaiknya atur pola tidur sebaik mungkin agar tetap tercukupi setiap harinya.





References:

https://www.alodokter.com/anda-sedang-mengalami-luka-lama-sembuh-mungkin-ini-penyebabnya

https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-luka/penyebab-luka-lama-sembuh/




Tags: Luka,perawatan luka,penanganan luka,luka lama sembuh,mengapa luka lama sembuh,luka penderita diabetes,luka diabetes,luka basah,agar luka cepat sembuh,cara luka cepat sembuh,Hemolok,gel antiseptik untuk luka