Maksimalkan Penjualan Online Melalui Serba Serbi Integrasi di Goapotik

Goapotik
Publish Date • 05/24/2021
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Maksimalkan Penjualan Online Melalui Serba Serbi Integrasi di Goapotik

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia sepertinya semakin diwarnai oleh usaha UMKM melalui penjualan online. Pertumbuhannya sangat pesat dan jenis produk yang ditawarkan kian beragam. Melalui Goapotik, apotek yang tergolong UMKM pun kian bertambah. Hal ini bukanlah suatu ancaman, melainkan peluang untuk semakin memajukan perekonomian Indonesia.


Di awal Mei lalu, pemerintah bersama beberapa e-commerce / marketplace Indonesia merayakan hari jadi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Gerakan ini merupakan gagasan pemerintah yang ditujukan untuk memajukan UMKM di Indonesia. Karena disebut sebagai gerakan nasional, maka pemerintah berharap gerakan ini juga didorong oleh semangat para pelaku usaha UMKM untuk kemajuan UMKM itu sendiri di Indonesia. Selain itu, yang tak kalah penting adalah gerakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecintaan masyrakat pada produk lokal buatan Indonesia. Nah, sudahkah Kamu mencintai produk dalam negeri? 


Sehubungan dengan adanya gerakan nasional tersebut, Goapotik sepenuhnya mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Melalui berbagai upaya seperti pembaharuan baik dalam sistem maupun pelayanan. Tahun ini, Goapotik melakukan pembaharuan dari sisi sistem maupun design untuk tampilan website dan aplikasi. Harapannya agar aplikasi dan website Goapotik dapat semakin nyaman ketika digunakan dan kebutuhan produk kesehatanmu dapat terpenuhi dengan baik. Nantikan ya, Sowbat! 


Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online di Era Digital: Webinar “Maximizing Your Pharmacy Services with GoApotik and Tokopedia”

Webinar Kedua Goapotik

 

Selain dengan melakukan pembaharuan di sistem dan tampilan aplikasi, akhir April lalu Goapotik sukses mengadakan Webinar yang kedua dengan tema “Serba Serbi Integrasi: Seller Apps dan GPOS”. Webinar ini juga dilakukan sebagai upaya perbaikan dan pengembangan layanan tim kepada penjual di Goapotik. Goapotik ingin mendorong para penjual atau yang biasa disebut sebagai Merchant Goapotik untuk tetap semangat dan terus tingkatkan transaksi penjualannya. 


Pembicara webinar kali ini berasal dari tim internal Goapotik, khususnya yang memegang peran penting dalam kedua sistem integrasi, Seller Apps dan GPOS. Dengan waktu kurang lebih 2 jam dan dihadiri oleh hampir 90 apotek yang tergabung dalam Goapotik, webinar berjalan sangat seru. Bahkan waktu dua jam rasanya berjalan sangat cepat. Acara ini dimulai pukul satu siang, kemudian dibuka langsung oleh Head of Goapotik and GPOS, Bu Neneng Mutmainah. Bu Neneng, begitu ia disapa, menyampaikan pesan kepada para Merchant Goapotik untuk dapat memaksimalkan webinar ini dengan bertanya pada para pembicara dan memelajari kiat-kiat dari mereka untuk terus memaksimalkan penjualannya melalui kedua sistem integrasi di Goapotik, Seller Apps dan GPOS. 


  

 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengantar Serba Serbi Integrasi: Seller Apps dan GPOS atau tema webinar kami kali ini oleh perwakilan dari tim Business Development Goapotik, Bu Auliya. Dalam pengantarnya, Bu Auliya menceritakan tentang apa saja sistem integrasi yang dimiliki oleh Goapotik untuk mendukung para Merchant dalam melakukan transaksi penjualan. Apa saja perbedaan dari semua sistem integrasi tersebut dan dampaknya jika Merchant menggunakan sistem integrasi Goapotik khususnya bagi penjualan apotek. 


Kurang lebih 15 menit berlalu untuk sesi pengantar, acara kemudian dilanjutkan dengan agenda inti dari webinar ini yaitu presentasi materi oleh kedua pembicara dari tim Seller Apps dan tim GPOS. Pertama, untuk tim Seller Apps, materi dibawakan oleh Bapak Arifman Jaya yang memiliki posisi sebagai Senior Operations Goapotik. Dan materi yang kedua untuk sistem GPOS, dibawakan oleh Bapak Yohanes Denis sebagai Senior Deployment Goapotik. 


Sepanjang waktu presentasi untuk kedua materi ini, para peserta yang hadir tak kalah antusias untuk menyimak dan bertanya pada masing-masing pembicara. Namun sayangnya, karena keterbatasan waktu maka tiap pembicara hanya memilih masing-masing dua pertanyaan terbaik dari peserta. Selebihnya pertanyaan para peserta yang belum terjawab oleh pembicara, akan kami bahas dalam artikel ini.  

Tanya Jawab Peserta Webinar

Sebelum kami membahas lebih lanjut tentang apa saja pertanyaan dari para peserta dan apa jawabannya dari para pembicara kami, penulis ingin menginformasikan terkait pendaftaran untuk mengikuti webinar Goapotik. Pasti salah satu dari kalian para pembaca ada yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengikuti webinar kami, bukan? Bagi kalian yang tertarik dengan Webinar Goapotik, baik sebagai peserta maupun pembicara dapat menghubungi tim Marketing Goapotik melalui email ke webinargoapotik@gmail.com ya. Gunakan format Nama _ Daftar Webinar sebagai Peserta/Pembicara untuk kolom subject, dan kirimkan data diri atau profilmu yang lengkap di kolom deskripsi. Mari kita bersama dukung gerakan Bangga Buatan Indonesia melalui diskusi seru dalam webinar! 


Nah, yang ditunggu-tunggu akhirnya sampai juga yaitu pembahasan tanya jawab peserta kepada kedua pembicara Webinar Goapotik. Namun, karena pertanyaan peserta cukup banyak dan sangat menarik untuk dibahas satu per satu, maka kami akan lanjutkan pembahasan ini di artikel selanjutnya ya! Atau kunjungi blog Goapotik untuk selalu update dengan artikel terbaru kami. Mulai dari artikel untuk membahas acara yang berlangsung di Goapotik hingga artikel medis yang ditulis langsung oleh apoteker terpercaya dari tim Goapotik.Oh ya, kamu juga bisa konsultasi terkait penggunaan obat maupun cara perawatan suatu penyakit kepada tim Apoteker kami melalui Chat Apoteker. Tenang saja, gratis kok! 

Jangan lupa ya Sowbat, lanjutkan membaca untuk tahu informasi selengkapnya tentang webinar ini di artikel Webinar selanjutnya.  




Penulis: Tim Marketing Goapotik