Kesehatan

Publish date : 09/19/2019

Kita semua tentu pernah mengalami luka yang cukup serius dan juga mengganggu. Luka yang didapat perlu ditangani dengan segera agar tidak menghambat aktivitas sehari-hari maupun menyebabkan infeksi dan komplikasi. Perlu diketahui juga bahwa proses pengeringan luka juga sangat bergantung pada penanganan luka yang kita lakukan. Berikut beberapa langkah yang dapat diterapkan agar luka menjadi lebih cepat kering.


Bersihkan luka

Langkah awal yang perlu dilakukan pada luka yang baru didapat adalah membersihkannya dengan segera. Pembersihan luka sangat penting untuk menghilangkan pengotor dan mengurangi potensi terjadinya infeksi. Sebaiknya Anda membersihkan luka dengan menggunakan air mengalir dan sabun halus. Hindari proses pembersihan dengan alkohol, hidrogen peroksida, iodin, dan merkurokrom karena cenderung dapat membahayakan jaringan sel kulit serta menghambat proses pengeringan luka.


Gunakan Antiseptik

Apabila infeksi telah terlanjur terjadi, maka segeralah lakukan langkah antisipasi dengan menggunakan antiseptik. Antiseptik berguna untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme atau membunuh kuman, sehingga dapat mencegah infeksi berlanjut yang tidak diinginkan serta meminimalisir dampak infeksi. Selain mendesinfeksi, cairan antiseptik juga berperan membersihkan luka terbuka. Jika diperlukan, gunakan juga kasa atau perban agar sebagai pelindung luka dari pengotor dan kuman yang dapat masuk dan menyebabkan infeksi jadi semakin parah.


Keringkan Luka dengan Bahan Alami

Tahukah Anda bahwa bahan-bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah seperti, lidah buaya, kunyit, dan bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pengeringan luka juga, lho. Lidah buaya bermanfaat mencegah inflamasi luka dan mendinginkan luka apabila dioleskan secara langsung. Kunyit juga berguna sebagai antiseptik alami dan meredakan peradangan. Sementara itu, bawang putih berguna untuk mempercepat pematangan kolagen agar luka lebih cepat kering dan juga antiseptik alami. Kunyit ataupun bawang dapat diaplikasikan dengan cara ditumbuk terlebih dahulu dengan sedikit air hingga membentuk pasta, kemudian pasta dapat dioleskan langsung atau ditempelkan pada kasa yang dibalutkan pada luka.


Ekstrak Ikan Gabus

Daging ikan gabus adalah salah satu bahan alami yang kaya akan protein. Ekstrak dari Ikan Gabus (Channa striata Extract) dipercaya berkhasiat sebagai sumber protein dan asam amino yang dapat menginisiasi regenerasi jaringan dan mempercepat proses pengeringan luka. Inbumin merupakan salah satu obat yang mengandung ekstrak ikan gabus terpurifikasi. Tiap tablet Inbumin berkhasiat meregenerasi dan mengeringkan luka dari dalam secara lebih praktis dan cepat. Rasakan manfaat Inbumin dengan mengonsumsi 2 tablet tiap hari sampai luka mengering dan sembuh total.




References:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-luka/luka-mesti-ditutup-atau-dibiarkan-terbuka/

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bagaimana-agar-luka-cepat-kering

https://www.tribunnews.com/tribunners/2017/08/14/6-bahan-alami-yang-bisa-percepat-penyembuhan-luka?page=2




Tags: Luka,luka terbuka,luka di kulit,luka operasi,luka pasca operasi,luka bekas operasi,perawatan luka,cara agar luka cepat kering,luka cepat kering,keringkan luka,ekstrak ikan gabus,Channa striata Extract,Inbumin