Hal Penting yang Harus Diketahui dari Hari Kesehatan Nasional

Goapotik
Publish Date • 11/12/2021
Share
Hal Penting yang Harus Diketahui dari Hari Kesehatan Nasional

Apakah sowbat tau kapan masyarakat Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional? Dan, mengapa hari ini penting untuk dirayakan? Ternyata hari kesehatan nasional memiliki sejarah menarik lho. Setiap tahunnya juga dirayakan dengan tema yang berbeda-beda. Tema hari kesehatan nasional tahun ini apa ya, sowbat? Untuk informasi selengkapnya, yuk simak artikel ini. 

 

Sejarah Hari Kesehatan Nasional

Hari Kesehatan Nasional atau yang bisa juga disebut sebagai HKN merupakan peringatan akan sebuah peristiwa yang menyangkut kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Dengan diperingati setiap tahun, harapannya masyarakat dapat bersama-sama semakin satukan tekad menuju Indonesia sehat. Sejarah HKN dimulai pada tahun 50-an, pada pemerintahan Ir. Soekarno. Saat itu sebagian wilayah Indonesia terkena wabah penyakit yang mematikan. Minimnya fasilitas kesehatan membuat ribuan jiwa meninggal karena penyakit ini.

Pada November 1959 di desa-desa Jawa, Bali, dan Lampung, pemerintah mulai melakukan pemberantasan penyakit malaria secara massal ke rumah warga. Sekelompok orang bergabung dan membentuk sebuah organisasi bernama Dinas Pembasmian Malaria. Di setiap wilayah, mereka bekerja dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk malaria ke rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung. Pembasmian dilakukan dengan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT). Khususnya pada tanggal 12 November 1959, penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden RI kala itu yaitu Ir. Soekarno di desa Kalasan, Yogyakarta.

Empat tahun kemudian, Dinas Pembasmian Malaria berganti nama menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Dengan visi misi yang sama dengan sebelumnya, satu tahun kemudian khususnya pada 12 November 1964, tercata sebanyak 63 juta penduduk Indonesia telah dinyatakan sembuh atau pulih dari penyakit malaria. Oleh karena itu, keberhasilan dari upaya memberantas penyakit malaria ini diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional yang pertama. Untuk itulah Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November.

Baca juga: Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia 2021

Tema Hari Kesehatan Nasional 2021

Berbeda dengan tahun 2020, tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini adalah "Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku" berdasarkan informasi resmi dari Kementerian Kesehatan RI. Tahun 2021, masyarakat Indonesia memeringati Hari Kesehatan Nasional ke-57.

Berikut adalah makna dari logo Hari Kesehatan Nasional ke-57:

  • Logo berwarna biru dan hijau seperti orang berangkulan menggambarkan arti semangat gotong royong atau kerjasama yang diharapkan pemerintah dengan masyarakat Indonesia khususnya dalam melawan pandemi Covid-19. Pemerintah ingin mensukseskan bersama gerakan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia agar dapat terbebas dari wabah virus Covid-19. Harapannya, gerakan ini dapat mengulang peristiwa keberhasilan pemerintah pada tahun 1964 silam.

  • Selain gerakan vaksinasi, pemerintah juga tetap mengedepankan gerakan 3M kepada masyarakat. Meskipun angka kasus Covid-19 di Indonesia mulai menurun, tetapi pemerintah berpesan agar masyarakat tetap tidak lalai untuk mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak atau Menghindari kerumunan.

  • Terdapat tiga warna yang tampak pada logo HKN ke-57 yaitu hijau terang, biru turqoise, dan oranye.  Hijau terang melambangkan kehangatan, keramahan, dan semangat melayani. Biru turqoise memberikan efek kesegaran yang dapat dipercaya dan mengedepankan integritas. Sedangkan oranye menggambarkan cepat beradaptasi dan semangat pantang menyerah.

 

Kepada seluruh masyarakat Indonesia, GoApotik mengucapkan selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57. Semoga Indonesia dapat terus tumbuh lebih baik lagi dan semakin sehat sama seperti tema yang diangkat pada HKN tahun ini. Apresiasi tertinggi kami ucapkan kepada para tenaga kesehatan yang berjuang tanpa lelah untuk melayani negeri dan masyarakat pada pandemi Covid-19 ini. Yuk, kita sukseskan gerakan pemerintah untuk vaksinasi. Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan juga ya, Sowbat! 

 

Ikuti event terkait Hari Kesehatan Nasional 2021 oleh Kemkes di sini

 


Penulis: Tim Goapotik


Referensi: https://sinarjateng.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1002924447/sejarah-logo-dan-makna-hari-kesehatan-nasional-ke-57-tahun-2021?page=2