Kesehatan

Publish date : 09/20/2019

Kejadian anak susah makan tentu pernah dialami oleh semua ibu. Sebab, anak-anak seringkali merasa bosan atau tidak suka dengan pilihan makanan yang disajikan. Perilaku anak yang sulit makan bisa juga disebabkan oleh ketidaknyamanan yang dipicu gangguan pencernaan seperti diare akibat infeksi bakteri, diare akibat intoleransi laktosa, konstipasi, muntaber, dan lain-lain.


Anak memang akan cenderung menjadi malas makan saat pencernaan terganggu, bahkan pada anak-anak yang biasanya bernafsu makan tinggi. Padahal, saat diare menyerang Si Kecil, asupan nutrisi dari makanan adalah hal terpenting bagi tubuhnya. Selain itu, diare juga dapat membuat penyerapan nutrisi jadi terhambat. Akibatnya, nutrisi yang didapat oleh Si Kecil menjadi tidak maksimal. Agar anak-anak mau makan lebih banyak saat diare, maka Mums perlu mengetahui trik dan cara memberikan asupan nutrisi secara efektif. Yuk, kita simak beberapa tips yang bisa dilakukan seperti di bawah ini.


Berikan Oralit

Saat anak Anda mengalami diare, mereka tentu akan mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan tubuh yang terbuang. Walaupun terkadang hal ini dianggap sepele, namun nyatanya tubuh yang terus kekurangan cairan akan membuat kondisi anak memburuk. Agar cairan dalam tubuhnya selalu terjaga, maka berikanlah air minum yang cukup. Sebaiknya, berikan oralit terlebih dahulu saat gejala diare mulai tampak. Larutan oralit merupakan larutan yang terbuat dari gula dan garam, serta berperan untuk mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Berikanlah oralit sekitar 10 ml per kg berat badan anak Anda, lalu berikan lagi sedikit demi sedikit sampai diare mereda.


Berikan Makanan yang Mudah Dikonsumsi

Untuk mendorong anak agar lebih mudah makan, maka berikanlah makanan yang mudah untuk dikonsumsi. Makanan-makanan yang lembut seperti bubur, sup kental, maupun puding dapat Mums berikan agar Si Kecil lebih mudah menelan makanannya. Selain itu, sebaiknya Anda berikan makanan dengan rasa kesukaannya agar dapat meningkatkan nafsu makannya dengan lebih baik.


Buat Porsi Makan Lebih Sedikit

Mums dapat menyiasati anak yang enggan makan, dengan mengurangi porsi makannya. Berikan makanan dengan porsi kecil secara perlahan sedikit demi sedikit, sampai anak Anda merasa cukup. Lebih baik memberikan makanan dengan porsi lebih sedikit dalam frekuensi lebih sering, daripada memaksa makanan masuk dalam porsi yang banyak. Karena, porsi berlebih akan membuat perut anak terasa penuh dan makanan pun akan dimuntahkan kembali.


Berikan Makanan Tinggi Kalori

Setelah diare berangsur membaik, Mums dapat memberikan makanan dengan kalori lebih untuk membangkitkan energinya. Makanan dengan karbohidrat yang tinggi akan memberikan jumlah kalori yang lebih besar, dan dapat mengembalikan energi yang hilang dengan lebih cepat. Selingi juga dengan makanan berserat tinggi untuk mempermudah kerja pencernaan Anak Anda.


Itulah tips dan trik yang dapat Mums coba agar anak lebih mudah memperoleh energi dan nutrisi saat mengalami diare. Nutrisi tentunya sangat penting bagi tubuh anak yang sedang mengalami diare, agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Jadi, selalu pastikan asupan nutrisi terbaik untuk Si Kecil, dan berikan probiotik untuk pemeliharaan pencernaan, terutama saat mereka mengalami diare ya, Mums!




References:

https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bella-lesmana/tangani-6-cara-tepat-saat-anak-terkena-diare

https://www.liputan6.com/health/read/3265848/5-siasat-biar-anak-tetap-makan-banyak-saat-diare

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4406881/gejala-flu-perut-anak-tak-nafsu-makan-sampai-diare-akut




Tags: Diare,nutrisi saat diare,diare pada anak,diare anak,probiotik,agar anak mudah makan,anak susah makan,penanganan anak diare,penanganan saat diare,Lacidofil,probiotik anak diare,probiotik anak,diare akibat intoleransi laktosa,gangguan cerna pada anak,gangguan pencernaan,saluran cerna