Kesehatan

Publish date : 12/25/2019

Camilan Buat Pasien Diabetes yang Super Mudah Dibuat di Rumah

Di akhir Desember, jalanan seringkali penuh sesak dengan pemudik yang ingin merayakan libur natal dan tahun baru di kampung halaman. Kepadatan jalanan ini tentunya membuat waktu tempuh semakin lama, dan menjadikan perjalanan semakin melelahkan dan membosankan. Jika Sowbat gemar menyantap camilan untuk melepas penat selama perjalanan, ada baiknya memilih makanan sehat, segar, dan ringan di perut agar tak cepat merasa mual selama dalam perjalanan. 

Namun, camilan justru seringkali masih dihindari oleh penderita diabetes. Padahal, penderita diabetes dan pradiabetes masih bisa makan camilan atau snack ringan, kok. Tips utamanya adalah dengan memilih snack yang kaya serat, protein, serta mengandung lemak sehat untuk menjaga kadar gula darah Anda. Nah, jika masih bingung juga dalam menentukan camilan sehat yang aman bagi penderita diabetes, Anda dapat mencoba tujuh pilihan camilan berikut sebagai teman perjalanan.


1. Kombinasi Buah Berry, Yogurt, dan Almond

Dengan mencampurkan 148 gram buah berry, 28 gram kacang almond, dan ditambah yogurt, Anda mendapatkan manfaat antioksidan, protein, serat, serta 15 vitamin dan mineral sekaligus yang dapat membantu menurunkan dan menstabilkan kadar insulin dan kadar gula darah Anda. Selain itu, kombinasi ini juga berperan  meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh dalam mencerna makanan yang mengandung gula, memperlambat pencernaan, serta mengurangi kadar kolesterol, lho. Penuh manfaat banget, kan?


2. Buah Apel dengan Selai Kacang

Perpaduan satu buah apel dan 28 gram selai kacang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, C, E, kalium, magnesium, dan mangan, yang mana kesemuanya dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Dan jangan lupa, kandungan antioksidan polifenolnya juga dapat melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan yang seringkali memperburuk diabetes. Camilan ini memang salah satu kombinasi yang hemat, enak, dan praktis, yang patut Anda coba!


3. Kacang Arab Panggang

Dengan bantuan internet, kini Anda dapat dengan mudah menemukan kacang arab (chickpeas) mentah untuk diolah sendiri di rumah. Untuk mendapatkan chickpeas renyah, Anda bisa memanggangnya bersama dengan minyak zaitun dan mencampurnya dengan bahan pilihan kesukaan. Di dalam 164 gram chickpeas terdapat sebanyak hingga 15 gram protein dan 13 gram serat  yang dapat membantu mengelola kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.


4. Puding Biji Chia

Ingin camilan praktis lainnya? Bikin puding biji chia saja! Tingal rendam biji chia dalam susu hingga teksturnya menyerupai puding, dan voila! Anda bisa mendapatkan camilan yang kaya akan protein, serat, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan membantu menstabilkan gula darah, serta menurunkan kadar trigliserida yang baik untuk kesehatan jantung. Serat dalam biji chia juga bersifat menyerap air, sehingga dapat membantu memperlambat proses pencernaan dan pelepasan gula ke dalam darah.


5. Edamame

Membuat camilan dari kacang edamame sang mudah, lho. Cukup dengan merebus kacang edamame, atau dengan mencampurkannya dengan bumbu pilihan Anda. Selain mudah disiapkan, kacang edamame juga kaya akan protein dan serat yang dapat membantu mengontrol kadar insulin, serta menurunkan kadar gula darah.


Baca juga:

Sembuhkan Luka Diabetes dengan Perawatan yang Tepat!

10 Fakta Unik Minyak Alpukat Super Sehat yang Pantang Dilewati

Begini Cara Baca Aturan Minum Obat yang Tepat!




6. Telur Rebus

Meski sederhana, dalam satu butir telur rebus terkandung 6 gram protein yang dapat membantu menjaga gula darah anda tetap stabil. Untuk mendapatkan telur matang sempurna, anda dapat merebusnya dengan air selama minimal 15 menit. Jika Anda lebih suka yang setengah matang, coba deh campur telur rebus setengah matang dengan potongan salad. Juga gak kalah nikmat, lho!


7. Muffin Telur

Jika bosan dengan telur rebus, Anda juga dapat mencoba varian menu telur lain, yaitu muffin telur! Cukup dengan mencampurkan telur dan sayuran seperti paprika, bawang dan bayam, lalu panggang dalam kaleng muffin, lalu tambahkan sedikit saus atau bumbu penyedap. Yumm!


8. Popcorn dan Tortila

Nah, kalau yang ini Anda semua pasti suka, kan? Camilan berbahan dasar jagung memang telah lama digemari dan dijadikan sebagai camilan sehat bagi diabetesi. Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, sehingga dianjurkan untuk penderita pradiabetes dan diabetes. Pastikan popcorn dan tortila dibuat dikonsumsi organik tanpa tambahan bumbu atau saus pelengkap yang mengandung gula dan garam tinggi, Sowbat!


Mengonsumsi camilan tidak dilarang untuk diabetesi, kok! Yang penting, Anda harus perhatikan betul kandungan gula dan nutrisi bahan dasar camilan tersebut, frekuensi nyamil, serta cara pemrosesannya. Agar lebih tenang saat jajan dan makan camilan, Anda juga bisa meminum suplemen dan herbal yang dapat membantu menstabilkan gula darah, seperti Diabetadex. Bahannya yang bersumber dari 100%  herbal alami, membuatnya aman dikonsumsi dan tanpa efek samping. Liburan jadi lebih menyenangkan, tanpa khawatir gula darah naik karena banyak nyamil dan jajan!



Referensi: Healthline.com, Alodokter, HelloSehat




Tags: diabetes,camilan diabetes,makanan diabetes,pradiabetes,snack untuk penderita diabetes,diabetadex