Kesehatan

Publish date : 01/04/2020

Bingung Atasi Vertigo? Kenali Dulu Penyebab dan Pengobatannya


Kamu pasti pernah mendengar istilah pusing tujuh keliling atau pusing yang berputar, kan? Pusing berputar biasa disebut dengan vertigo. Rasa pusingnya memang berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Karena, sensasi berputar dan melayang yang ditimbulkan vertigo dapat terjadi tiba-tiba selama jangka waktu tertentu. Saking hebatnya efek yang ditimbulkan, penderita vertigo akan merasakan mual hingga ingin muntah, bahkan hingga terjatuh. Lantas, sebenarnya apa sih penyebab vertigo? Lalu, apa saja obat-obat vertigo yang disarankan dokter dan terbukti ampuh? Simak dulu penjelasannya di bawah ini, yuk!



Penyebab Vertigo

Penyebab vertigo itu bermacam-macam, Sowbat. Mulai dari dehidrasi, kekurangan vitamin D, dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Namun, salah satu penyebab yang sering terjadi ialah karena adanya masalah di bagian telinga dalam ketika mengatur keseimbangan. Ketika kamu menggerakkan kepala, bagian dalam telinga akan memberi tahu di mana posisi kepala berada, dan mengirimkan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan. Tapi jika terdapat masalah pada bagian dalam telinga, maka kamu akan merasakan pusing, nyeri, dan linglung seperti akan terjatuh. Biar lebih paham, berikut ini penjelasan beberapa penyebab vertigo yang berhubungan dengan cara kerja telinga:

1. Labyrinthitis, ialah infeksi pada bagian dalam telinga yang dapat mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan tubuh.

2. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), ialah gangguan keseimbangan yang bisa menjadi penyebab terjadinya vertigo ketika posisi kepala berubah.

3. Syndrome Meniere, ialah gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan pada bagian dalam telinga. Hal ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya vertigo bersama dengan munculnya denging pada telinga dan gangguan pendengaran.

4. Neuritis Vestibular, ialah gangguan pada telinga bagian dalam karena infeksi sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan tubuh.



Pengobatan Vertigo

Untuk mengatasi vertigo, tentu dibutuhkan obat-obatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa obat vertigo yang biasa diresepkan oleh dokter:

1. Betahistine

Betahistine termasuk dalam golongan antihistamin H3, yang berperan sebagai terapi vertigo perifer, juga mengatasi pusing yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan, motion sickness, penyakit meniere, dan gangguan pendengaran seperti tinnitus (telinga berdenging). Betahistine bekerja dengan mengendalikan salah satu neurotransmiter yaitu histamin, yang berdampak pada perubahan fungsi fisiologis tubuh. Sebagai penanganan vertigo, zat ini dipercaya mengurangi tekanan di bagian telinga dalam, juga menyebabkan dilatasi (pelebaran) pembuluh darah di daerah tersebut. Betahistine sendiri biasa diberikan dalam bentuk garamnya seperti betahistine HCl maupun betahistine mesylate.

2. Meclizine

Meclizine, atau biasa disebut juga sebagai antivert digunakan untuk mencegah serta meringankan gejala pusing, linglung atau kehilangan kesimbangan, mual, dan muntah. Bagi penderita vertigo, obat ini efektif terutama yang disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. 

3. Promethazine

Antihistamin ini sebenarnya cukup luas digunakan. Umumnya antihistamin golongan phenotiazine ini berperan mengatasi reaksi alergi seperti ruam, gatal, dan hidung berlendir. Namun, zat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah yang berkaitan dengan kondisi vertigo maupun kondisi pasca operasi. 

4. Diphenhydramine

Sama halnya dengan beberapa antihistamin yang telah disebutkan di atas, pada dasarnya obat ini bekerja dengan memblokir efek histamin yang menyebabkan reaksi alergi, hingga mual dan muntah karena vertigo.

5. Lorazepam

Obat vertigo berjenis benzodiazepine ini bekerja pada otak dan sistem saraf pusat untuk menghasilkan efek menenangkan. Lorazepam juga digunakan untuk mengurangi gerakan mata yang disebabkan oleh ketidakseimbangan vestibular. 


Itulah beberapa zat aktif atau obat vertigo yang umumnya diberikan oleh dokter dengan menggunakan resep. Namun, kamu harus ingat bahwa pengobatan yang diberikan pada pasien dapat berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Beberapa kasus vertigo yang disebabkan karena infeksi tentulah harus diberikan antibiotik dan antiinflamasi untuk meredakan infeksinya. Demikian pula pada vertigo yang disebabkan oleh tumor, tentu yang harus ditangani adalah tumornya. Oleh karena itu, selalu konsultasikan gejala yang kamu rasakan pada dokter, agar kamu mendapatkan obat vertigo yang tepat dan ampuh!




References: HelloSehat, Alodokter, rxlist.com, Everyday Health



Tags: Obat Vertigo